Senin, 06 Agustus 2012

Masalah #1 : Cara Mengatasi Kepanikan Saat Icon Baterai Laptop Muncul "consider replacing your battery" dengan Simbol Silang Merah

Saat buka laptop, aku panik setengah mati ngelihat ada yang aneh dengan icon baterai aku di laptop. Ada tanda silang bundar merah didekat icon baterai dan pas ditekan ada peringatan “consider replacing your battery”. ada apa ini?? T.T. Udah tanya - tanya ke orang - orang tetep aja nggak pada mudeng sama masalah yang satu ini. Akhirnya jalan terakhir adalah tanya sama Mr.Google. Akhirnya aku menemukan titik pencerahan dari situ \('O')/.
Peringatan diatas itu tuh tandanya baterai laptop kamu HARUS diganti karena tingkat ketahanan baterai laptop kamu tuh menurun drastis. WAAAAA, diganti? beli baru? duit?T.T. Tapi nggak usah kawatir :), disini aku bakalan beri tahu gimana caranya biar nggak perlu pake acara cari duit dijalanan buat beli baterai baru. Nih aku kasih tau, cekidot :) eng.. ing.. eng..

  • Charge/Ces baterai kamu sampai full (99% – 100%), setelah itu matikan laptop kamu. Pokoknya sampai tahap ini jangan dulu cabut charger-nya ya!!
  • Hidupkan laptop kamu lagi terus langsung tekan F8 berulang-ulang sampai muncul menu Advanced Boot Options. Pilih deh "Safe Mode".
  • Entar kamu tunggu proses bootingnya sampai laptop kamu nyala dalam keadaan Windows Safe Mode, ditandai dengan icon - icon di dekstop kamu jadi membesar, itu tandanya kamu udah masuk safe mode. Nah, setelah ini baru kamu cabut tuh charge-nya.
  • Terus Biarin aja tuh laptop nyala sampai mati sendiri gara - gara kehabisan baterai. Nggak usah di pantengin terlalu gara - gara takut ntar ke-sleep, soalnya kalo di safe mode nggak akan sleep sendiri. Pokoknya pas lagi nunggu biar laptop mati sendiri, jangan mengoperasinya apapun ya, pokoknya biar mati sendiri. Ini cara biar laptop tahu seberapa kuat baterai kamu jadi nggak akan muncul peringatan "consider replacing your battery".
  • Kalau udah mati, pasang lagi changer laptop kamu, terus nyalain lagi deh laptopnya. Jreeengg Sembuh deh laptop kamu ;)
Kalau laptop aku Acer 4738Z tuh berhasil total pas jalanin langkah diatas. Tapi sapa tahu di laptop kalian bisa berhasil kaya Laptop aku. Selamat mencoba :)


| Supported? |

2 komentar: